Purwokerto masuk sebagai kota pilihan untuk menikmati masa pensiun


Memasuki masa pensiun, siapapun pasti berangan-angan dan ingin tinggal di tempat yang nyaman, aman, tenang dan damai.
Tentunya angan-angan tersebut merupakan hal yang lumrah mengingat masa pensiun identik dengan fase untuk beristirahat dan menikmati masa tua sembari menikmati hasil jerih payah selama masa bekerja.

Masa tua | Foto : jogja.co
Lantas, kota atau wilayah mana saja yang paling tepat untuk dijadikan sebagai kota peristirahatan menikmati masa pensiun ? Dikutip dari jogja.co, berupa artikel hasil penelusuran dari Litbang Koran SINDO. Hasilnya ternyata ada 10 kota pilihan tinggal untuk menikmati pensiun di hari tua, berikut ini 10 kota tersebut.

Purwokerto (3,3%)

Meski memiliki skor terendah, namun Purwokerto memang bukan sebuah pilihan yang salah untuk tinggal menikmati masa pensiun. Tenang, nyaman, sederhana dan penuh kehangatan itulah kesan yang ditangkap di kota ini. Selain alasan-alasan tersebut, biaya hidup yang rendah dan murah rupanya menjadi salah satu alasan Purwokerto menjadi salah satu dari 10 kota favorit untuk beristirahat menikmati pensiun.

Surabaya (3,7%)

Surabaya, meski tergolong kota metropolis namun bagi pensiunan yang masih ingin beraktivitas pada hari tuanya, memilih Surabaya dengan geliat ekonominya sebagai kota untuk tinggal menikmati masa pensiun rasanya bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa responden berasalan karena Surabaya merupakan kota kelahirannya dan memiliki nilai historis tersendiri bagi mereka.

Solo (4,4%)

Solo dengan beragam pesona, berupa kesantunan, kehangatan dan tata kramanya rupanya masuk dalam urutan ke 7 pilihan responden dari 10 kota lainnya. Kekayaan kuliner, batik dan juga keraton Solo merupakan jiwa dari Kota ini. 

Malang (4,8%)

Udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah, ditambah dengan suasananya yang damai dan tenang menjadikan kota Malang masuk dalam pilihan responden untuk menjadi salah satu kota tinggal saat menikmati masa pensiun. 

Lombok (5,6%)

Lombok, keindahan alamnya sudah tidak terbantahkan lagi, hingga sampai ke luar negeri. Pulau Senggigi, Gunung Rinjani dan pulau Gili adalah beberapa di antara keindahan alam di Lombok. Faktor ini rupanya yang menjadikan sebagian responden ingin menikmati masa pensiunnya di Lombok.

Bogor (7,4%)

Kota yang berudara sejuk dan asri dengan banyaknya pohon-pohon besar di jalan-jalan protokolnya, rupanya juga menarik sebagian responden untuk memilih Bogor sebagai kota tinggal menghabiskan waktu setelah pensiun. Meskipun Bogor tidak terlalu luas, namun fasilitas di kota hujan ini tidak kalah dibanding dengan kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bandung.

Bandung (11,5%)

Bandung, dengan nuansa sejuk dan fasilitas kotanya yang serba ada, menjadikan kota ini masuk dalam daftar favorit kota tinggal menikmati masa pensiun. Wisata kuliner, keindahan alam, Kampus terkenal, belanja fesyen dan lain-lainnya menjadikan kenangan Bandung seolah menancap dalam benak banyak orang yang pernah singgah di Bandung.

Bali (12,2%)

Bali, mungkin sebagian orang luar negeri lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia. Keindahan alamnya yang mendunia, menjadikan Bali seolah menjadi magnet kuat sebagai kota tinggal menikmati hari tua setelah pensiun.

Jakarta (15,9%)

Meski terkenal dengan kemacetan dan keruwetannya, Ibu Kota Jakarta rupanya tetap menarik minat sebanyak 15,9 persen responden untuk memilih Jakarta sebagai kota untuk menikmati masa pensiun. Modernitas dan lengkapnya fasilitas rupanya menjadi faktor utama responden memilih Jakarta.

Yogyakarta (24,4%)

Yogyakarta, keramahan penduduknya, lingkungan yang damai, budayanya yang masih dijunjung tinggi menjadikan kota ini masuk dalam pilihan tertinggi sebagai kota tinggal menghabiskan hari tua setelah pensiun. Selain faktor tersebut, rata-rata responden menganggap bahwa biaya hidup yang murah merupakan alasan utama mereka memilih Yogyakarta sebagai tempat untuk pulang di usia senja.

Postingan terkait: