Persyaratan mendaftar BPJS Kesehatan untuk peserta perorangan


Jika Anda ingin mendaftar BPJS Kesehatan untuk golongan umum perorangan bukan dari perusahaan, maka Anda cukup melengkapi syarat-syarat pendaftarannya.
Mendaftar BPJS Kesehatan perorangan tentunya Anda harus menyiapkan syarat administrasinya dan mengurusnya sendiri ke Kantor BPJS Kesehatan.


Pengurusan pendaftaran BPJS Kesehatan tergolong mudah dan jika Anda mengalami kesulitan pengisian Formulir atau alurnya, Anda dapat menanyakannya pada Security BPJS yang akan dengan jelas dan ramah membantu menjelaskannya.

Syarat yang diperlukan untuk mendaftar BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut :
  1. Formulir pendaftaran untuk jenis kepesertaan PBPU/Mandiri/Umum.
  2. Kartu Keluarga Asli 1 lembar.
  3. Usia diatas 17 Th, siapkan e-KTP dan untuk usia dibawah 17 Th siapkan Akta Kelahiran.
  4. Foto berwarna 3x4 masing-masing calon peserta BPJS 1 lembar.
  5. Buku/Rek Tabungan Bank BRI/Mandiri/BNI.

Cara mendaftar BPJS Kesehatan

  1. Isi Formulir PBPU dengan benar, pilih kelas kepesertaan BPJS Kesehatan. Kemudian diajukan dengan lampiran seperti di atas yaitu : KK, e-KTP, Foto dan Buku Tabungan.
  2. Setelah data diinput oleh pihak/karyawan kantor BPJS, pendaftar akan mendapatkan Nomor Virtual Account (VA).
  3. Setelah mendapat nomor Virtual Account (VA), maka peserta diwajibkan membayar iuran pertama yang diberikan tempo maks 14 hari kerja dan mengajukan Autodebet untuk pembayaran selanjutnya. 
  4. Jika sampai dengan 30 hari kerja pembayaran iuran pertama dan pengajuan AUTODEBET tidak dilakukan, maka data yang sudah diinput akan hangus dan Anda diwajibkan mendaftar ulang untuk menjadi peserta Asuransi BPJS Kesehatan.
  5. Setelah persyaratan pembayaran terpenuhi, bukti Pembayaran Iuran dan Autodebet diserahkan ke kantor BPJS Kesehatan, maka kartu JKN akan segera dicetak/diterbitkan oleh petugas. Dan Anda sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan. 

Besaran iuran wajib BPJS Kesehatan terbaru 2016

  • Kelas I : Rp 80.000,- per bulan.
  • Kelas II : Rp 51.000,- per bulan.
  • Kelas III : Rp 25.500,- per bulan.
CiFo

Postingan terkait: