Gembus, jajanan rakyat berbentuk mirip donat


Kudapan berbahan dasar singkong ini berbentuk menyerupai kue donat, bulat seperti cincin dengan bertekstur tebal serta kenyal. Gembus, begitu orang Banyumas biasa menyebutnya.
 

Tergolong jajanan rakyat karena harganya yang sangat merakyat, hanya dengan 2 ribu rupiah saja, kita sudah bisa membawa pulang seikat gembus berisi 9 buah.

Rasanya yang gurih dan ringan, membuat kudapan berbahan singkong ini selalu digemari oleh semua lapisan masyarakat lebih dari tiga generasi. Gembus memang tergolong jajanan tua yang sudah cukup lama dikenal masyarakat Banyumas.

Dahulu gembus hanya bisa kita jumpai ketika sedang ada keramaian hajatan, layar tancap dan yang paling identik adalah ketika ada pertunjukkan wayang kulit. Seiring perkembangan jaman, penjual gembus bisa kita jumpai kapan saja tanpa harus menunggu adanya Wayang kulit atau hajatan.

Penjual gembus biasanya mangkal di tempat-tempat strategis di pertigaan atau persimpangan pinggir jalan pedesaan maupun perkotaan. Menggunakan bakul pikulan yang sederhana, penjual gembus biasanya mangkal dari jam 16:30 hingga 21:00 malam.

Jika Anda terasa asing dengan kudapan ini, dan juga belum pernah mencicipinya, silahkan dicoba jika pas kebetulan Anda lewat atau singgah di Banyumas atau Cilacap.

Postingan terkait: